Image

PENANDATANGANAN MOU PRODI. AKUNTANSI FEB UIKA DENGAN PRODI. KOMPUTERISASI AKUNTANSI POLITEKNIK PRASETYA MANDIRI

Pada hari Rabu tanggal 13 Desember 2023, telah disepakati perjanjian kerjasama Prodi S1 Akuntansi Universitas Ibn Khaldun Bogor dan Prodi D3 Komputerisasi Akuntansi Politeknik Prasetiya Mandiri. Pada kesempatan kali ini, Dr. Azolla Degita Azis, SST M.Ak., M.B.A., CGRM menjadi pembicara pelatihan perpajakan bersama dengan dosen STAN. Pada pelatihan ini, Dr. Azolla Degita berbicara mengenai issue baru terkait pajak pada era digital. Tidak hanya sistem administrasi yang berubah pada era digital seperti penggunaan e-spt dan e-billing saja, namun juga wacana mengenai penetapan Robot Tax dan Carbon Tax yang termasuk kedalam pigouvian tax di Indonesia. Menurutnya, perkembangan teknologi AI, Machine Learning, Big Data dan penggunaan robot akan berdampak terutama di bidang ekonomi dan pekerjaan, yang akan menciptakan pengangguran dan ketimpangan sosial yang lebih besar jika tidak ada upaya untuk mencegahnya. 

"Tentu saja, penggunaan robot dinilai lebih efisien karena tidak perlu membayar upah pegawai yg UMRnya selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, sehingga perusahaan tidak perlu memikirkan pajak penghasilan pegawai. Oleh karena itu, robot tax diharapkan dapat memenimalisir hal tersebut, yaitu untuk menciptakan keseimbangan. Walaupun dalam penerapannya tentu tidak mudah, contohnya saja dari segi definisi robot itu sendiri di suatu negara belum jelas seperti apa dasar hukumnya, selain itu dasar pengenaan pajak dan tarif pajak terhadap robot itu sendiri masih diperdebatkan hingga saat ini, karena robot tidak menerima upah penghasilan seperti manusia. Selain itu, memang betul bahwa kita tidak bisa menyerahkan analisis sepenuhnya kepada AI dan robot, bagaimanapun juga proses analisis dan pengambilan keputusan tetap ada di manusia", ujarnya.

Perusahaan padat karya pasti akan semakin beralih ke otomatisasi dengan penggunaan robot yang semakin banyak, belum lagi profesi-profesi lain yang akan tergantikan oleh robot. Menurutnya, mahasiswa juga wajib untuk meningkatkan skill kemampuan agar profesinya tidak tergantikan oleh robot dan sistem otomatisasi (Robot Process Automation).

 #pelatihanperpajakan #Infoseminar #workshop #taxation @politeknik_kent @akuntansi_uika @febuikabogor