Image

PRODI MANAJEMEN SUKSES GELAR 1ST NATIONAL ENGLISH COMPETITION FOR MANAGEMENT

Perguruan tinggi berperan dalam memberikan dukungan dan fasilitas bagi mahasiswa untuk berkarya, tujuannya agar dapat meningkatkan kemampuan, kepercayaan diri dan memperluas wawasan. Dalam mendukung hal tersebut, Program Studi (Prodi) Manajemen dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan berbagai program, salah satunya melalui “1st English Competition for Management (ECMA)” The National English Speech and Storytelling Contest. Lomba ini baru pertama kali diadakan dengan skala nasional, dan diikuti bukan hanya oleh Mahasiswa Prodi Manajemen UIKA namun juga mengundang mahasiswa dan Pelajar tingkat X - XII SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini mengangkat tema 1st ECMA “Excel Your Skill”, yang bertujuan untuk memberikan dorongan bagi peserta untuk meningkatkan kemampuan dirinya.

Lomba ini diadakan pada tanggal 19 Maret 2022 secara virtual melalui Zoom Meeting, dikarenakan kondisi pandemic dan peraturan pemerintah yang masih membatasi pertemuan tatap muka. Pembagian yang dilombakan pada tahap final untuk masing-masing Mahasiswa dan pelajar yaitu Speech dan Story telling sehingga ada 4 kategori. Peserta yang berhasil masuk hingga babak final terdapat 22 peserta, mereka harus menampilkan secara langsung Speech dan Story telling sesuai dengan tema yang dipilih di depan Juri dan peserta yang lain. Adapun untuk penilaian, 1st ECMA bekerjasama dengan dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIKA Bogor. Kegiatan ini didukung penuh oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hj. Titing Suharti yang mengatakan bahwa perlombaan English Competition for Management (ECMA) akan menjadi bagian dari kegiatan Program Studi Manajemen setiap tahunnya secara berkala untuk memberikan gambaran betapa pentingnya kompetisi untuk mendorong terciptanya calon intelektual yang unggul.

Lomba kategori Speech untuk Mahasiswa juara 1 dimenangkan oleh Agung Sugianto Silalahi dari Prodi Manajemen Institut Bisnis & Informatika Kesatuan, sedangkan untuk pelajar juara 1 dimenangkan oleh Erlinda Rachmaputri dari MAN 2 Kota Bogor. Lomba kategori Story telling untuk juara 1 Mahasiswa dimenangkan oleh Firli Atika dari Prodi Manajemen Universitas Ibn Khaldun Bogor, sedangkan untuk juara 1 pelajar oleh Najwa Xavieranisa dari SMK Taruna Terpadu 2 Borcess.