Image

DOSEN PRODI BISNIS DIGITAL FEB UIKA GELAR PKM DI DESA LALADON, CIOMAS, BOGOR

Sabtu (30/10/2022) bertempat di Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor Kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Laladon dengan cara memberikan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik Skala Bisnis dengan tema “Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik dalam Bisnis untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat di Era Digital”. PKM ini dikomandoi oleh Asti Marlina, S.E., M.M.S.I, selaku Ketua Program Studi Bisnis Digital. Dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terlibat dalam PKM ini antara lain Hanif Zaidan Sinaga, S.E., M.M.S.I, Ahmad Fathan Mujadidi Haqqoni, S.E., M.A.B., Sri Wahyuni, S.Sos., M.M., dan Setio Pramono, S.E., M.Si. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan salah satu perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan Pelatihan Hidroponik Skala Bisnis ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor dan PT. Lumina Agro Madania bekerjasama dengan FEB UIKA. Pelatihan yang dihadiri 20 orang, berasal dari warga Desa Laladon akan dibina dan didampingi hingga panen. Setelah sayuran hidroponik ini panen, maka para peserta membentuk suatu usaha bersama dan berkelanjutan. Dosen FEB UIKA memberikan pelatihan tentang bagaimana cara melegalkan bisnis tersebut seperti membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) untuk cara MIkro dan Kecil, cara membentuk Koperasi poduksi dan bagaimana memasarkan produk secara digital dengan baik dan terukur agar usaha dari para peserta nantinya dapat berjalan lancar dan memiliki daya jual tinggi.

Hal ini disambut sangat positif oleh warga desa Laladon dan merasa terbantu serta berharap pendampingan dari dosen FEB UIKA dan PT Lumina Agro terus berlanjut.