Image

DOSEN PRODI MANAJEMEN LATIH MASYARAKAT MENGOLAH LIMBAH PLASTIK

Program studi Manajemen FEB UIKA Bogor pada hari Senin, 24 Oktober 2022 mengadakan kegiatan sosialisasi untuk mengurangi pembuangan sampah plastik dan pelatihan pengolahan sampah plastik menjadi produk yang memiliki nilai jual. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, khususnya orang tua murid PAUD – TK di PAUD Pelangi yang berlokasi di Jalan Johar VIII No. 1, Taman Cimanggu.

Dengan mengambil tema “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Barang yang Bernilai Bagi Orang Tua Murid” bermaksud agar terbangun kesadaran akan produk berbahan plastik yang susah terurai dan akan terus menjadi masalah jika penggunaannya tidak dibatasi. Selain itu solusinya dari permasalahan sampah plastik juga bisa dengan mendaur ulang menjadi produk lain, dimana yang diperagakan dalam pelatihan ini adalah sedotan plastik menjadi anyaman, yang jika dalam ukuran tertentu dapat menjadi sajadah atau alas karpet. Dalam pelatihan juga ditekankan bahwa hasil karya jika berkualitas baik, maka dapat menjadi produk yang memiliki nilai jual untuk menambah pendapatan keluarga.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Manajemen FEB UIKA Bogor dilakukan secara berkolaborasi antara dosen, mahasiswa dan masyarakat sebagai narasumber. Ibu Endang sebagai narasumber, memberikan inspirasi dengan membawa contoh produk hasil pengolahan limbah yang dapat dilakukan oleh rumah tangga seperti olahan plastik dan olahan kemasan minuman atau makanan instan. Menurut dosen pendamping lapangan, Hannisa Rahmaniar Hasnin, S.Sos., M.A. kegiatan positif ini diharapkan dapat berkelanjutan karena membawa pesan yang positif, juga dapat mendorong kegiatan perekonomian di masyarakat.

Orang tua PAUD merasa senang atas sosialisasi yang dilakukan, ditambah dengan keterampilan baru yang mereka pelajari dapat menambah pendapatan keluarga. Adapun Syachril dan Magenta, mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini bersemangat terlibat dalam kegiatan positif memberikan manfaat bahwa limbah juga bisa di buat beragam alat, seperti tas, dompet dan lainnya.