Image

PRODI KEUANGAN DAN PERBANKAN MENGADAKAN PKM PENCATATAN KEUANGAN

Pertambahan jumlah penduduk menimbulkan beberapa permasalahan seperti persoalan pengeloaan sampah, selain menimbulkan masalah ternyata sampah juga dapat memberikan peluang untuk dapat dijadikan kegiatan yang memberikan manfaat. Saat ini mulai banyak warga yang peduli dengan permasalahan sampah, ini dibuktikan dengan banyaknya bank sampah yang dikelola oleh warga, dalam kegiatan pengeloaan sampah yang dilakukan oleh bank sampah menerapkan beberapa pendekatan yaitu ReduceReuse, and Recycle (3R).

Kegiatan bank sampah yang dikelola dengan baik akan memberikan berbagai manfaat, bukan hanya menjadikan lingkungan menjadi bersih, sehat tetapi juga sisi lain dapat memberikan keuntungan yaitu bisa menghasilkan rupiah (Rp), untuk dapat terus beroperasi dengan baik dan professional dibutuhkan pengeloaan serta manajemen yang baik dari pengeloaan bank sampah, salah satunya adalah pengelolaan keuangan yaitu dimulai dari pencatatan keuangan.

 Sesuai dengan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dalam pasal 1 menyebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuan dengan tugas utama menstrasformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan sesuai dengan motto Universitas Ibn Khaldun, Bogor yaitu ; Iman – Ilmu dan Amal.

Berdasarkan itulah kami Dosen Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun, Bogor, melaksanakan kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan “PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN SEDERHANA PADA BANK SAMPAH BAROKAH” yang terletak di Perumahan Bogor Cimanggu City RT.006/014 kota Bogor pada tanggal 1 Februari 2023.

Yang kami lakukan adalah komunikasi, diskusi serta memberikan informasi, dan edukasi dalam Menyusun pencatatan keuangan yang sederhana, pencatatan dimulai dengan menyiapkan buku registrasi yang berisi tentang data nasabah, selanjutnya disiapkan buku besar administrasi yang berisi rekapitulasi berat sampah, jenis sampah yang dikelola, dan yang terakhir adalah buku nasabah yang berisi tentang transaksi keuangan. Pada kesempatan ini kami juga memberikan kiat dalam melakukan pencatatan keuangan yang terpenting adalah harus mencatat setiap kegiatan setiap waktu dan menempatkan sesuai dengan kriteria pemasukan (+) serta pengeluaran (-).

Alhamdulillah kegiatan tersebut sangat mendapatkan antusias dari pengelola bank sampah dan warga yang menjadi nasabah. Dengan melakukan pencatatan keuangan maka memudahkan bagi pengelola dan nasabah dalam memeriksa dan memantau transaksi keuangan yang terjadi.

Semoga apa yang kami berikan memberikan manfaat bagi ummat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi ummat, Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.