Image

PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL SUKSES GELAR WORKSHOP MARKETER

Program Studi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIKA yang didukung penuh oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Bisnis Digital (Digital Business Student Society disingkat Digcity) sukses menyelenggarakan Workshop dengan tema “Be a Marketer with UGC (User Generated Content)” pada tanggal 28 Oktober 2023. Acara ini merupakan kerjasama dengan Team Riset Hibah Penelitian Hilirisasi Terapan BIMA Kemendikbudristek Dikti yang diketuai oleh Dr. Popy Novita., SE., M.BSys, Program Pertukaran Mahasiswa inbound UIKA, dan Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana UIKA Bogor.

Acara ini dibuka oleh Wakil Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIKA, H. Hendri Tanjung., Ph.D. Beliau mengapresiasi workshop ini dan menyampaikan bahwa workshop ini mengajarkan mahasiswa bagaimana menjadi marketer yang andal sehingga dapat mengikuti perkembangan strategi pemasaran.

Asti Marlina, S.E., M.M.S.I., Ketua Prodi Bisnis Digital, menjelaskan “Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa juga pelaku UMKM mengenai bagaimana menjadi marketer atau tenaga penjualan menggunakan content marketing bernama User Generated Content.”

User Generated Content (UGC) merupakan bentuk konten berupa tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers untuk brand tertentu. Nantinya, brand tersebut akan meng-upload kembali konten yang sudah dibuat oleh orang-orang tersebut di media sosialnya.

Ketua Team Riset Hibah Penelitian, Dr. Popy Novita., SE., M.BSys, menambahkan “Acara ini untuk mempertemukan kebutuhan dari UMKM akan tenaga marketer dan para tenaga penjual untuk memberikan potensi terbaiknya.”

Pada workshop ini juga diperkenalkan aplikasi yang dirancang oleh Team Riset Hibah Penelitian dari Kemendikbudristek Dikti, yaitu Aplikasi Persona UMKM. “Aplikasi ini dirancang untuk membantu UMKM scale up dan bisa bersaing di era digital ini” tutur Dr. Popy Novita., SE., M.BSys yang diamini langsung oleh Asti Marlina, S.E., M.M.S.I. sebagai anggota team riset hibah penelitian ini.

Workshop ini dihadiri oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan didukung penuh oleh para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka inbound UIKA dari program MBKM Kemendikbudristek Dikti yang berasal dari mahasiswa seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Mahasiswa langsung melakukan praktek, membuat video dengan standar UGC untuk produk-produk UMKM yang dikirimkan oleh para pelaku UMKM yang telah bermitra dan menjadi user pada Aplikasi Persona UMKM. Video yang dibuat oleh para mahasiswa sebagai marketer berdasarkan persona dari masing-masing marketer dan juga persona dari produk UMKM.