Image

TINGKATKAN KOMPETENSI HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI ADAKAN PELATIHAN PERPAJAKAN

Pelatihan Perpajakan merupakan salah satu program kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMMA) Universitas Ibn Khaldun dan merupakan bagian dari program yang dirancang oleh Divisi Pendidikan dan Latihan (DIKLAT). Kegiatan Pelatihan Perpajakan ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juni 2024 yang bertempat di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun. Adapun pada periode ini, kegiatan tersebut bertemakan “Mengenal Strategi Terkini Kebijakan Simplifikasi Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21”.

 

Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan perpajakan ini adalah untuk mengetahui dan membahas setiap perkembangan yang terjadi khususnya dalam bidang perpajakan. Karena bidang ekonomi juga memiliki keterkaitan dengan bidang perpajakan. Maka dari itu, secara otomatis mahasiswa ekonomi juga perlu mengetahui setiap perkembangannya. Selain memahami dari konsep terkait perpajakan, mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menerapkannya dalam menghadapi studi kasus yang berkaitan. Mahasiswa juga lebih termotivasi untuk mengikuti pelatihan, seminar, webinar, atau bahkan sertifikasi untuk meningkatkan pemahamannya terkait perkembangan dalam bidang perpajakan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa ekonomi yang merupakan bagian dari lingkungan fakultas ekonomi dan bisnis khususnya terkait perpajakan.

 

Harapan dengan diadakannya kegiatan pelatihan perpajakan ini adalah menjadi sarana untuk memberikan bantuan terhadap mahasiswa ekonomi untuk meningkatkan pengetahuan yang akan direalisasikan saat menghadapi studi kasus yang berkaitan. Mahasiswa lebih memahami konsep dari penerapan kebijakan yang telah dibuat oleh lembaga negara yang berkaitan dengan pajak dan memahami kelebihan, kekurangan, serta perbedaan antara penerapan pemotongan pajak terbaru dengan kebijakan yang sebelumnya telah diterapkan dalam pemotongan Pajak Penghasilan pasal 21. Kegiatan pelatihan perpajakan ini juga diharapkan mampu sebagai sarana untuk membangun relasi antar mahasiswa yang menjadi bagian dari beberapa program studi dalam naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun.