Image

KUNJUNGAN INDUSTRI PROGRAM STUDI PERDAGANGAN INTERNASIONAL KE SAMUDERA INDONESIA

Pada Jumat, 19 Juli 2024 Mahasiswa Program Studi Perdagangan Internasional melakukan kunjungan industri ke PT. Samudera Agencies Indonesia dan PT. Tangguh Samudera Jaya di Tanjung Priok, Jakarta Utara di dampingi oleh Dosen Pembimbing. Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang proses bisnis dan operasi di perusahaan transportasi dan logistik, serta memotivasi semangat belajar mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.


Pertama rombongan ke PT. Samudera Agencies Indonesia disambut hangat oleh Ibu Trie Cahyani, beliau memberikan gambaran bagaimana proses bisnis Perusahaan kepada mahasiswa juga memberikan masukan-masukan pada mahasiswa. Setelah itu rombongan mahasiswa berangkat ke Terminal 3 Tanjung Priok untuk ke PT.  Tangguh Samudera Jaya didampingi oleh Mas Gayu Falah untuk melihat proses bongkar muat barang-barang dari kapal yang baru tiba dan akan di ekspor ke luar negeri. Mahasiswa diberikan wawasan mengenai pengenalan sistem penyimpanan kontainer yang datang, penomoran hingga pengukuran besar muatan kontainer.


Diakui oleh mahasiswa, kunjungan lapangan ini memberikan manfaat antara lain adalah memberikan gambaran yang lebih jelas tentang dunia kerja bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat melihat secara langsung bagaimana teori-teori yang telah dipelajari di kelas diterapkan dalam dunia kerja. Selain itu kunjungan industri dapat membantu mahasiswa dalam memahami bagaimana teori-teori yang telah dipelajari di kelas diterapkan dalam dunia kerja. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di sektor transportasi dan logistik. Kegiatan kunjungan industri ini selanjutnya diharapkan dapat dilakukan secara rutin tiap tahunnya agar dapat memberikan tambahan wawasan bagi mahasiswa.